Pembangkit listrik tenaga mikro hidro

Pemanfaatan energi air sudah banyak dimanfaatkan di negara kita, mulai dari teknologi yang sederhana seperti kincir air sampai yang menggunakan teknologi yang lebih canggih dengan menggunakan turbin.
Cara pembangkit listrik tenaga mikrohidro (pltm)ini bekerja hampir sama dengan pembangkit listrik tenaga air biasa, cuma metodenya saja yang berbeda.
Pembangkit listrik tenaga air skala besar memanfaatkan tenaga air dengan cara membuat dam besar yang selalu menimbulkan masalah lingkungan maupun penggusuran. Sedangkan pltm memanfaatkan tenaga air hampir -hampir tidak menggangu aliran air tersebut.
Untuk mendapatkan beda tinggi (head), air dialirkan ke Forebay. Dari sini air masuk ke pipa pesat dan dialirkan ke turbin. Air yang dialirkan memutar sudu-sudu turbin yang digunakan untuk memutar generator sehingga menghasilkan listrik.
Desain pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini berbeda satu dengan lainnya, biasanya menyesuaikan dengan kondisi alam dimana pltm di bangun.

Jenis turbin air yang biasa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini tergantung head dan debit air yang tersedia. Yang biasa dipakai di indonesia adalah jenis turbin impuls (cross flow).
Turbin cross flow mempunyai empat bagian utama yaitu nosel, runner, guide vane, dan casing. Air masuk keturbin melalui pipa pesat. Pada ujung pipa pesat dipasang adaptor, tempat merubah penampang menjadi persegi.
Dari adaptor air masuk ke nosel yang berbentuk persegi dan menembakan air selebar runner (bentuk pancaran air persegi). Sebelum mengenai runner kecepatan dan sudut jatuh air ke runner.

Untuk air dengan head 3 sampai 200 m dengan kapasitas aliran 0,03 sampai 10 meter kubik perdetik daya yang didapat antara 2 sampai 1500 kW – cukup untuk kebutuhan rumah tangga.

cara kincir angin bekerja

Kincir angin merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Awal mulanya kincir angin digunakan pada zaman babilonia untuk penggilingan padi.
Penggunaan teknologi modern dimulai sekitar tahun 1930, diperkirakan ada sekitar 600.000 buah kincir angin untuk berbagai keperluan. Saat ini kapasitas daya yang dihasilkan kincir angin skala industri antara 1 – 4 mw.

Cara kincir angin bekerja sangat sederhana yaitu:

  • Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga bilah bergerak
  • bilah kincir angin akan memutar poros didalam nacelle
  • Poros dihubungkan ke gearbox, di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox
  • gearbox dihubungkan ke generator. generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik
  • dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya kemudian baru didistribusikan ke konsumen

Sumber : http://berita-iptek.blogspot.com/2008/04/cara-kincir-angin-bekerja.html

About these ads

~ by gusvan on 21 July 2010.

3 Responses to “Pembangkit listrik tenaga mikro hidro”

  1. terimakasih mas infonya.
    Keterangan ini sangat berguna bagi kami yang akan mengembangkan Turbin Air Mikrohidro crosflow ini menjadi lebih baik lagi.

  2. nice posting..!$

  3. Salam Sahabat,
    Materi tambahan dan sangat baik untuk dijadikan bahan tulisan. trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: